Flickr

ads header

Breaking News

Bandara Soekarno-Hatta Direvitalisasi, Catat Area yang Terdampak


Kepala Berita

Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten akan direvitalisasi selama sekitar enam bulan ke depan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan produktivitas pergerakan penumpang dan pesawat.

“Kurang lebih sekitar enam bulan lagi ini semua bisa diselesaikan sehingga dapat memenuhi demand yang semakin meningkat. Bandara Soetta akan menjadi showcase-nya negara Indonesia di mata dunia,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sabtu (22/7/2023), seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Tubuh Berita

Budi Karya menambahkan, kapasitas Bandara Soekarno-Hatta akan ditingkatkan menjadi 110 juta penumpang per tahun, dari kapasitas sebelumnya 65 juta per tahun. Kapasitas Bandara Soekarno-Hatta akan ditingkatkan menjadi 110 juta penumpang per tahun, dari kapasitas sebelumnya 65 juta per tahun. 

Jika berencana terbang dari atau ke Bandara Soekarno-Hatta, ketahui beberapa area yang menjadi objek revitalisasi. Untuk sisi darat (land side) dikerjakan oleh Angkasa Pura II (AP II) bersama kontraktor PT PP di Terminal 1B dan 1C domestik, sementara di Terminal 2F internasional dikerjakan oleh AP II dan Adhi Karya.

Sedangkan untuk sisi udara (air side), landas pacu atau runway dikerjakan oleh AP II dan pemasangan sistem untuk meningkatkan produktivitas pergerakan pesawat oleh Airnav Indonesia. 

Revitalisasi Terminal 1C dilakukan di lantar dasar seluas 46.100 meter persegi dan lantai 1 seluas 38.200 meter persegi. Revitalisasi meliputi: Area pelayanan penumpang keberangkatan dan kedatangan, area komersial, area perkantoran, connecting boarding lounge, area bagasi penumpang, dan pekerjaan MEP (mechanical, electrical, plumbing).

Secara keseluruhan, kapasitas Terminal 2 akan ditingkatkan menjadi 21 juta penumpang per tahun, dari semula hanya 9 juta per tahun. Total luas Terminal 2 mencapai 173.608 meter persegi, setelah revitalisasi ditargetkan mencapai 234.50 meter persegi untuk Terminal 2D, 2E, dan 2F. Revitalisasi meliputi desain interior terminal, penggantian peralatan dan jaringan MEP, pembuatan connecting antar-boarding lounge dan lounge umroh, serta penerapan IBMS (Integrated Building Management Sistem).

 

 

 

8. Teks Berita tentang Politik

Jokowi Terbang ke Cina Pagi Ini, Temui Xi Jinping untuk Bahas Investasi

Kepala Berita

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak ke Chengdu, China pagi ini, Kamis, 27 Juni 2023 dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Dalam lawatannya ke negeri tirai bambu tersebut, salah satu agenda utamanya adalah bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping. 

Tubuh Berita

Jokowi mengklaim kunjungannya ke Cina juga dalam rangka memenuhi undangan Xi Jinping dan sekaligus memperingati 10 tahun kemitraan komprehensif Indonesia-Cina. Menurut Jokowi, Cina adalah mitra dagang dan investasi terbesar bagi Indonesia. 

“Saya akan melakukan pertemuan dengan Presiden Xi Jinping dan sejumlah agenda prioritas akan saya bahas bersama Presiden Xi, baik investasi maupun proyek strategis Indonesia dan RRT (Republik Rakyat Tiongkok), juga di bidang perdagangan dan kesehatan serta isu-isu regional dan global,” ujar Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis, 27 Juli 2023. 

Selain bertemu dengan Xi, Jokowi menyebut dirinya juga mengagendakan bertemu dengan para CEO dan pimpinan perusahaan Cina yang telah melakukan investasi di Indonesia. Para pengusaha itu, kata Jokowi, telah berinvestasi di sektor hilirisasi industri, petrokimia, energi baru terbarukan, dan kesehatan. 

“Saya juga akan menghadiri FISU World University Games untuk menyemangati kontingen kita yang juga berlaga di sana. Pada Sabtu pagi insya Allah saya sudah tiba di Jakarta,” ujar Jokowi.

Ekor Berita

Dalam kunjungannya ke Cina, Jokowi ditemani oleh Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.


Tidak ada komentar